JPNN.com

Informasi Terbaru soal Pembangunan Ibu Kota Negara di Kaltim

Kamis, 12 Maret 2020 – 19:06 WIB
Informasi Terbaru soal Pembangunan Ibu Kota Negara di Kaltim - JPNN.com
Presiden Jokowi bersama Gubernur Kaltim Isran Noor saat meninjau lokasi untuk ibu kota negara di Kecamatan Sepaku, PPU, Kaltim, Selasa (16/12). Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Desain dasar kawasan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, akan selesai pertengahan 2020.

"Kami harapkan pertengahan tahun ini selesai semuanya (persiapan kolaborasi dan finalisasi desain kawasan IKN)," kata Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga dalam jumpa pers tentang rencana pembangunan Ibu Kota Negara di Jakarta, Kamis (12/3).

Dijelaskan, pascapengumuman lokasi IKN oleh Kepala Negara, Kementerian PUPR telah ditugaskan untuk menggelar Sayembara Gagasan Desain Kawasan IKN.

Berbagai pemenang dari sayembara tersebut konsepnya akan dikolaborasikan untuk melakukan finalisasi desain urban IKN.

Danis mengatakan, finalisasi desain urban IKN dijadwalkan pada periode Januari-Juli 2020, dan rancangan tersebut akan memenuhi kriteria yaitu, mencerminkan identitas bangsa, menjamin keberlanjutan sosial, ekonomi lingkungan, serta mewujudkan kota yang cerdas, modern, dan berstandar internasional

Dalam IKN tersebut akan terdapat tiga zona yaitu Kawasan Inti Pusat dengan luas 5.644 hektare, Kawasan Ibu Kota Negara sebesar 56.180 ha, serta Kawasan Perluasan IKN yang mencapai sekitar 256 ribu hektare.

Selain kebijakan jangka pendek, ujar dia, diperlukan pula rencana pengembangan jaringan jalan yang efisien dan efektif untuk menghubungkan IKN dengan masing-masing ibu kota provinsi, termasuk kawasan perbatasan.

Kementerian PUPR, lanjutnya, membentuk tim yang bertugas untuk melakukan finalisasi urban desain pemenang sayembara Gagasan Desain Ibu Kota Negara.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...