Ingat Ya, Jangan Pakai Plastik untuk Bungkus Daging Kurban

Ingat Ya, Jangan Pakai Plastik untuk Bungkus Daging Kurban
Sapi Kurban. Foto: Chaidir/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Pemerintah mengimbau masyarakat tidak menggunakan kantong plastik untuk membagikan daging kurban.

Imbauan tersebut dikeluarkan pemerintah sebagai antisipasi membludaknya timbulan sampah non-organik usai bagi-bagi daging saat Idul Adha. 

”Imbauan itu sebaiknya dilakukan untuk mengurangi sampah plastik,” ujar Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) R. Sudirman, kemarin (10/9). 

KLHK sudah menyebarkan imbauan tersebut melalui surat edaran (SE) yang ditujukan ke gubernur, bupati/walikota, dan majelis ulama Indonesia (MUI). 

Pihaknya berharap pemerintah daerah dan stake holder agama Islam menyampaikan imbauan itu sebagai tindaklanjut gerakan pengurangan sampah yang sulit terurai. 

”Sifatnya imbauan, tapi lebih baik dilakukan,” ungkapnya. 

Sebagai gantinya, KLHK merekomendasikan panitia kurban menggunakan kantong kertas atau karton untuk tempat daging. Cara lain, masyarakat juga bisa membawa wadah daging dari rumah masing-masing. 

”Tahun ini kami akan menghitung sampah plastik daging kurban untuk melihat sejauh mana kesadaran masyarakat,” terangnya.

JAKARTA – Pemerintah mengimbau masyarakat tidak menggunakan kantong plastik untuk membagikan daging kurban. Imbauan tersebut dikeluarkan pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News