Inggris Apresiasi Kepemimpinan Indonesia dalam Dialog FACT

Inggris Apresiasi Kepemimpinan Indonesia dalam Dialog FACT
LDII turut memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Foto: dok. LDII

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Inggris menyatakan apresiasi dan dukungan bagi Indonesia sebagai salah satu Ketua Bersama dalam Dialog Hutan, Pertanian, dan Perdagangan Komoditas (Forest, Agriculture, and Commodity Trade/FACT) yang bertujuan untuk mendorong pengembangan rantai pasok yang berkelanjutan dan mengurangi deforestasi.

“Kesuksesan dan kepemimpinan Indonesia menjadi contoh bagi negara-negara lainnya,” kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

FACT Dialog, yang diketuai bersama oleh Indonesia dan Inggris, baru-baru ini menggelar acara virtual dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk perwakilan pemerintah, para pelaku usaha, masyarakat sipil, serta petani kecil, guna bekerja sekerja kolaboratif untuk mendukung perwujudan pertanian dan perdagangan komoditas yang berkelanjutan.

Menyusul acara yang digelar pada Kamis (9/9) lalu itu, sejumlah tema penting seperti perdagangan, petani kecil, transparansi dan keterlacakan, serta inovasi dan teknologi, telah mulai dijajaki oleh kelompok kerja tematik, sebagaimana dijelaskan dalam keterangan Kedubes Inggris di Jakarta.

Dalam acara tersebut, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Alue Dohong, mengatakan bahwa Indonesia merupakan bagian penting dari pasar komoditas global dan bahwa dalam semangat kerja sama, Indonesia telah menunjukkan besarnya kemungkinan untuk mendukung produksi komoditas dan pembangunan ekonomi secara berkelanjutan, tanpa meninggalkan upaya untuk menekan laju deforestasi.

“Berbagai kebijakan telah dilakukan, termasuk moratorium perizinan baru dan membangun sistem memverifikasi legalitas dan produksi kayu secara berkelanjutan, dan telah diwujudkan pencapaiannya,” ujarnya.

Dia pun menyoroti pentingnya membangun kemitraan dengan para pemangku kepentingan global, termasuk melalui Dialog FACT Global.

Pentingnya kemitraan global dalam konteks tersebut juga turut disoroti oleh Owen Jenkins, yang mengatakan bahwa semua niatan dan target yang telah ditentukan akan lebih berarti jika diikuti dengan rencana aksi yang dijalankan.

Pemerintah Inggris menyatakan apresiasi dan dukungan bagi Indonesia sebagai salah satu Ketua Bersama dalam Dialog FACT

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News