Inggris Tahan Cincin Kelly Clarkson

Inggris Tahan Cincin Kelly Clarkson
Inggris Tahan Cincin Kelly Clarkson

jpnn.com - LONDON--Pemerintah Inggris berupaya sekuat tenaga mencegah cincin emas bertahtakan turqoise langka yang dulu dimiliki Jane Austen keluar dari Inggris. Cincin ini adalah satu dari tiga perhiasan yang diketahui dimiliki Jane Austen, dan kini sudah dibeli penyanyi AS Kelly Clarkson.

Penyanyi juara American Idol itu membeli cincin tersebut di sebuah rumah lelang dengan harga lebih dari Rp 2,3 miliar. Namun, Menteri Kebudayaan Ed Vaizey telah memberlakukan larangan ekspor atas cincin itu dan meminta agar warga Inggris berusaha membeli kembali cincin itu dari Clarkson.

"Cincin ini merupakan harta negara yang harus diselamatkan untuk kebudayaan bangsa ini," ujar Ed Vaizey seperti dilansir BBC (1/8).

Calon pembeli yang berminat, punya waktu hingga 30 September untuk mengumpulkan dana sebesar Rp 2,3 miliar. Cincin itu disertai dengan dokumen tentang sejarahnya dalam keluarga Jane Austen (1775-1817) yang seumur hidupnya menetap di Hampshire dan merupakan salah satu pengarang Inggris paling terkenal.

Perhiasan ini pertama kali diberikan ke saudara perempuannya, Cassandra, yang kemudian memberikannya kepada kakak iparnya Eleanor Austen di hari pertunangannya dengan kakak lelaki Jane dan Cassandra, Henry Thomas Austen.

Jika tidak ada institusi Inggris atau pembeli pribadi dari Inggris yang membelinya hingga tenggat waktu 30 September, Kelly Clarkson akan menjadi pemilik sah. Namun tenggat waktu bisa diperpanjang hingga 30 Desember jika ada bukti niat serius untuk mengumpulkan dana. (esy/jpnn)

 

 

LONDON--Pemerintah Inggris berupaya sekuat tenaga mencegah cincin emas bertahtakan turqoise langka yang dulu dimiliki Jane Austen keluar dari Inggris.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News