Ingin Otak Lebih Sehat? Yuk, Lakukan Aktivitas Unik Berikut

Ingin Otak Lebih Sehat? Yuk, Lakukan Aktivitas Unik Berikut
Ilustrasi otak. Foto:Pixabay

jpnn.com - Salah satu organ tubuh yang harus dijaga kesehatannya adalah otak. Pasalnya, organ tubuh yang letaknya di dalam tengkorak kepala ini merupakan pengendali segala aktivitas tubuh. Supaya tetap sehat, ada beberapa cara unik yang bisa Anda lakukan.

Cara unik yang dimaksud adalah latihan “neurobik”, yakni latihan yang memberikan pengalaman baru di otak Anda dengan menggabungkan indra penglihatan, penciuman, sentuhan, rasa, dan pendengaran.

Latihan ini akan merangsang lebih banyak koneksi antar area otak yang berbeda, menyebabkan sel-sel saraf menghasilkan nutrisi otak alami yang secara signifikan membantu meningkatkan memori.

Di sisi lain, latihan neurobik membuat sel-sel tubuh menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap efek penuaan. Nah, berikut ini adalah beberapa cara unik yang bisa membuat otak Anda menjadi lebih sehat:

1. Sikat gigi dengan tangan yang tidak dominan

Penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan hal yang berlawanan dari apa yang terekam di otak Anda dapat menghasilkan ekspansi yang cepat dan substansial di bagian-bagian korteks yang seharusnya mengontrol dan memproses informasi sentuhan atau rabaan dari tangan. Misalnya selama ini Anda menggosok gigi dengan menggunakan tangan kanan, cobalah untuk menggunakan tangan kiri.

2. Mandi dengan mata tertutup

Saat menyiram air ke kepala, tutup mata Anda dan usap dengan tangan bagian yang sudah terkena air. Hal ini akan memungkin tangan Anda “melihat” berbagai tekstur tubuh Anda sendiri yang tidak bisa dilihat dengan mata. Dan dengan cepat sel saraf di tangan tersebut akan mengirim pesan kembali ke otak Anda.

Menjaga kesehatan otak ternyata tak sulit. Cukup lakukan beberapa aktivitas unik nan mudah berikut ini.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News