Ini 6 Deretan Penyakit Akibat Obesitas

Ini 6 Deretan Penyakit Akibat Obesitas
Penderita obesitas. Foto/ilustrasi: Daily Telegraph

jpnn.com - Obesitas bukan hanya masalah penampilan. Benar bahwa berat badan berlebih dapat menyebabkan tidak kurang enak dilihat dan tidak percaya diri. Namun, lebih dalam dari itu, berbagai penyakit serius akibat obesitas siap mengintai.

Kapan disebut obesitas?

Obesitas adalah suatu kondisi medis yang terjadi ketika seseorang membawa kelebihan berat badan atau lemak tubuh yang sudah mengganggu kesehatan. Dokter biasanya akan mendiagnosis seseorang memiliki obesitas jika memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi.

BMI adalah alat yang digunakan dokter untuk menilai apakah seseorang memiliki berat badan yang sesuai untuk usia, jenis kelamin, dan tinggi badan mereka. Pengukuran ini menggabungkan tinggi dan berat.

Angka BMI yang berada di antara 25-29,9 menunjukkan seseorang alami kelebihan berat badan. Sementara angka BMI 30 atau lebih menunjukkan bahwa seseorang telah mengalami obesitas.

Faktor-faktor lain, seperti rasio ukuran pinggang dan pinggul, rasio pinggang terhadap tinggi, serta jumlah dan distribusi lemak dalam tubuh juga dapat dijadikan pertimbangan.

Dulu, masalah obesitas dianggap sebagai masalah negara-negara berpenghasilan tinggi. Akan tetapi, belakangan, angka kelebihan berat badan dan obesitas juga meningkat di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Tak ayal, kondisi ini meningkatkan risiko penyakit akibat obesitas.

Penyakit akibat obesitas
Sudah bukan rahasia lagi kalau kegemukan dan obesitas bisa memicu timbulnya sejumlah gangguan kesehatan serius. Apa saja penyakit-penyakit tersebut?

Sudah bukan rahasia lagi kalau kegemukan dan obesitas bisa memicu timbulnya sejumlah gangguan kesehatan serius.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News