JPNN.com

Ini 6 Gangguan Kesehatan Yang Bisa Dideteksi dari Rambut

Selasa, 21 Januari 2020 – 04:33 WIB Ini 6 Gangguan Kesehatan Yang Bisa Dideteksi dari Rambut - JPNN.com

jpnn.com - Keluhan pada rambut, seperti rambut rontok atau mudah patah sering dianggap hal biasa. Namun, sebenarnya kalau terjadi secara berkepanjangan, perlu diwaspadai!

Tahukah Anda, kondisi rambut bisa deteksi adanya gangguan kesehatan lho. Berikut ini enam tanda gangguan kesehatan yang dapat dideteksi dari rambut.

1. Gangguan Hormon Tiroid

Penyakit ini bisa berupa kelebihan hormon tiroid (hipertiroid) atau kekurangan hormon tiroid (hipotiroid). Biasanya, masalah kesehatan ini dapat menyebabkan kerontokan rambut. Karena, hormon tiroid berperan dalam menumbuhkan dan menjaga kekuatan akar rambut.

Umumnya, penderita gangguan tiroid juga mengalami gangguan kesuburan atau siklus haid yang tidak teratur. Nah, gejala lain hipotiroid adalah mudah merasa kedinginan, berat badan bertambah meski tidak makan banyak, mudah lelah, kulit kering, sering sembelit, dan suasana hati cenderung dalam keadaan depresi.

Sebaliknya, gejala hipertiroid biasanya berupa mudah berkeringat, berat badan menurun, sulit tidur, tremor, jantung berdebar, dan frekuensi buang air besar lebih sering dari biasanya.

2. Alopecia Areata

Penyakit alopecia areata ditandai dengan kerontokan rambut yang khas. Rambut rontok yang menyebabkan kebotakan berbentuk koin uang di kepala. Bukan hanya di kepala, penyakit ini juga bisa menyebabkan kebotakan di alis dan janggut.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...