Ini 6 Manfaat Minum Jus Wortel Selama Bulan Puasa

Ini 6 Manfaat Minum Jus Wortel Selama Bulan Puasa
Wortel. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Buka puasa memang sangat identik dengan minuman manis, seperti es sirup atau es buah. Tapi, konsumsi minuman tersebut setiap hari tentu tak baik bagi tubuh. Coba ganti dengan jus wortel yang menyehatkan.

Jika disaring terlebih dulu, jus wortel memiliki tekstur yang sangat ringan dan rasa yang nikmat, tak akan membuat Anda merasa begah. Tak cuma itu, jus wortel pun punya sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Beberapa manfaat rutin minum jus wortel saat buka puasa atau sahur yang bisa Anda peroleh, antara lain:

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Berpuasa selama kurang lebih 13 jam bisa memperlambat metabolisme tubuh. Karena itu Anda harus lebih jeli memilih menu buka puasa. Minuman manis dan makanan tinggi kalori akan lebih sulit dan lama dicerna oleh tubuh, sehingga berujung pada penumpukan lemak dan menyebabkan naiknya berat badan.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan berat badan naik, meski Anda telah berpuasa sekian lama. Nah, agar metabolisme kembali normal, konsumsi saja jus wortel, terutama saat berbuka puasa. Jus wortel dapat meningkatkan sekresi empedu (cairan pemecah lemak), sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan mengubah makanan menjadi energi.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bulan puasa Anda mudah lemas sehingga sakit flu tidak kunjung sembuh? Itu artinya sistem kekebalan tubuh Anda sedang tidak baik. Dilansir dari Healthline, untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi, buatlah jus wortel dan minumlah setiap hari.

Jus wortel memiliki tekstur yang sangat ringan dan rasa yang nikmat, tak akan membuat Anda merasa begah. Tak cuma itu, jus wortel pun punya sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Sumber klIkdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News