JPNN.com

Ini 8 Penyebab Insomnia yang Jarang Diketahui

Rabu, 07 Agustus 2019 – 17:39 WIB
Ini 8 Penyebab Insomnia yang Jarang Diketahui - JPNN.com

jpnn.com - Insomnia merupakan gangguan tidur umum yang membuat seseorang sulit untuk memulai tidur, sulit untuk tetap tidur, atau Anda bangun terlalu dini dan tidak dapat kembali tidur. Penyebab insomnia pun bisa beragam, dan mungkin ada yang belum Anda ketahui.

Insomnia dan porsi tidur
Porsi tidur setiap individu sangat bervariasi. Namun, kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7-8 jam semalam untuk beristirahat. Saat mengalami insomnia durasi tidur Anda terancam. Bahkan tidur yang berkualitas pun tidak bisa Anda dapatkan.

Anda mungkin masih merasa lelah ketika bangun hingga merasa tidak berenergi. Insomnia juga bisa mengganggu suasana hati, kinerja dan kualitas hidup Anda secara menyeluruh. Pada kondisi tertentu, banyak orang dewasa mengalami insomnia jangka pendek (akut), yang berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Ini biasanya terjadi akibat dari stres psikis atau peristiwa traumatis.

Selain itu, pada beberapa orang insomnia bisa terjadi dalam jangka panjang  atau kronis. Gangguan tidur ini bisa berlangsung lebih dari sebulan.

Penyebab insomnia yang perlu Anda ketahui
Insomnia bisa jadi berkaitan dengan berbagai hal berikut ini. Beberapa di antaranya mungkin belum Anda ketahui.

1. Stres
Kekhawatiran berlebih tentang pekerjaan, sekolah, kesehatan, keuangan atau kondisi keluarga dapat membuat pikiran Anda tetap aktif di malam hari, sehingga sulit terlelap. Peristiwa atau trauma dalam keseharian yang penuh tekanan hingga membuat stres tersebut juga bisa menyebabkan insomnia. 

2. Jadwal perjalanan dan waktu kerja

Siklus organ tubuh Anda – atau sering disebut ritme sirkadian – bertindak sebagai pengatur siklus tidur-bangun, metabolisme dan suhu tubuh Anda. Jika ritme sirkadian tubuh Anda yang sebelumnya sudah teratur, namun karena beberapa alasan menjadi terganggu, hal ini bisa menyebabkan insomnia.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy