Ini Akar Masalah TKI Versi Anak Amien Rais

Ini Akar Masalah TKI Versi Anak Amien Rais
Ini Akar Masalah TKI Versi Anak Amien Rais

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI, Hanafi Rais membeberkan berbagai penyebab persoalan tenaga kerja Indonesia di luar negeri. Menurut anak Amien Rais itu, masalahnya ada di dalam negeri.

"Akar masalahnya di dalam negeri sendiri. Antara lain proses seleksi buruh migran yang amburadul," kata Hanafi Rais, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Jumat 17/4).

Secara kelembagaan, sambung Hanafi, seleksi calon TKI tidak cukup hanya dipercayakan kepada BNP2TKI. Kementerian terkait seperti Kemenakertrans dinilai harus terlibat untuk memberikan keterampilan yang terukur bagi calon TKI.

Politikus PAN itu menilai, kecukupan keterampilan sangat mendesak. Karena itu, harus segera dimulai. "Ini masalah hulunya dan mendesak untuk dibenahi," tegas Hanafi.

Jika masalah hulu itu sudah diperbaiki, langkah selanjutnya ialah membangun diplomasi perlindungan secara hukum kepada TKI dengan negara-negara tujuan. Setelah itu, Kemenlu dan KBRI harus memastikan ada advokasi serta akses jika terjadi pelanggaran hukum pada TKI. "Selama ini, hal itu yang kurang antara Indonesia dengan Arab Saudi," tegas Hanafi. (fas/jpnn)


JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI, Hanafi Rais membeberkan berbagai penyebab persoalan tenaga kerja Indonesia di luar negeri. Menurut anak Amien


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News