Ini Alasan Islah Golkar Berpeluang Besar Terwujud

Ini Alasan Islah Golkar Berpeluang Besar Terwujud
Ray Rangkuti. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti, meyakini islah di tubuh Partai Golkar kemungkinan besar dapat terwujud.

Keyakinan didasari sejumlah alasan. Antara lain, partai berlambang pohon beringin ini telah menyapu banyak jabatan di Koalisi Merah Putih (KMP).

"Ini lebih dari cukup untuk menyatakan bulan madu dengan KMP berakhir, tentu yang terkait dengan bagi-bagi kekuasaan," katanya, Kamis (8/1).

Alasan lain, Aburizal Bakrie menurut Ray, tentu tidak siap disebut sebagai tokoh yang membuat Golkar pecah.

"Golkar memang melahirkan banyak partai dan itu terjadi sebelumnya. Tapi perpecahan kepengurusan dalam waktu yang cukup lama dan melibatkan berbagai pihak, baru terjadi di era ARB. Bagaimanapun ARB tetap ingin dikenang sebagai tokoh pemersatu Golkar," katanya.

Ray melihat secara pribadi posisi ARB saat Ini, juga memerlihatkan kecenderungan makin tak kuat. Khususnya setelah pemerintah melakukan penalangan kompensasi Lapindo bernilai Rp 780 miliar.

Ada ketergantungan personal ARB dengan pemerintah berkaitan dengan dana yang dimaksud.

"Jadi dambaan akan adanya oposisi keras PG ke pemerintah akan terhalang oleh perjanjian penalangan yang dimaksud," katanya.

JAKARTA - Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti, meyakini islah di tubuh Partai Golkar kemungkinan besar dapat terwujud. Keyakinan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News