Ini Alasan Kompolnas tak Masukkan Nama Suhardi Alius

Ini Alasan Kompolnas tak Masukkan Nama Suhardi Alius
Komjen Suhardi Alius. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Empat nama kandidat calon Kapolri dipastikan akan diajukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Anggota Kompolnas Adrianus Meliala, menyebutkan, empat nama tersebut adalah Wakapolri Badrodin Haiti, Irwasum Dwi Priatno, Kabaharkam Putut Eko Bayuseno, dan Kabareskrim Budi Waseso.

Keempatnya perwira tinggi berpangkat Komjen tersebut akan bersaing menggantikan Komjen Budi Gunawan yang batal dilantik menjadi Kapolri karena menjadi tersangka korupsi.

Ada sepuluh perwira tinggi bintang tiga. Namun, Kompolnas memang hanya memilih empat.

Menurut Adrianus, ada beberapa pertimbangan sehingga perwira tinggi lainnya tidak masuk bursa. Salah satu alasannya adalah ada lima yang masa dinas aktifnya kurang dari dua tahun. "Maka, mereka kami kesampingkan," ujarnya.

Untuk masa dinas aktif Badrodin memang juga kurang dari dua tahun. Namun karena dia kini menjadi Wakapolri, Kompolnas mempertimbangkannya untuk masuk sebagai kandidat.

Untuk mantan Kabareskrim Komjen Suhardi Alius, menurut Meliala, masih terlalu muda.

"Orang secemerlang Pak Suhardi jangan di tahun sekarang. Tapi dia akan menjadi orang yang amat matang di masa yang akan datang dalam tempo dua  tahun berikutnya," ujarnya, seperti diberitakan Jawa Pos online (induk JPNN).

JAKARTA – Empat nama kandidat calon Kapolri dipastikan akan diajukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anggota Kompolnas Adrianus Meliala,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News