Ini Alasan Mengapa Anda Harus Memakai Kacamata Hitam di Bandara

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Memakai Kacamata Hitam di Bandara
Perempuan berambut pierang dan berkacamata hitam. ILUSTRASI. Foto: Pixabay.com

jpnn.com, JAKARTA - Memakai kacamata hitam di bandara bukan sesuatu yang konyol. Apalagi jika Anda mengambil penerbangan yang panjang. Sebab, mengenakan kacamata hitam sebelum penerbangan bisa membantu Anda menghindari jet lag.

"Paparan cahaya strategis adalah salah satu cara terbaik untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu baru," kata Rebecca Robbins, PhD, pakar tidur dan peneliti postdoctoral di Rumah Sakit Brigham and Women dan Harvard Medical School, seperti dilansir laman MSN, Rabu (5/2).

"Cahaya adalah input terkuat untuk ritme sirkadian internal kita," tambah Robbins.

Ketika kita memiliki pola baru terang dan gelap, tubuh kita benar-benar bingung kapan seharusnya merasa lelah, dan kapan seharusnya bangun.

Anda akan ingin mulai menyesuaikan diri dengan pola cahaya baru sebelum sampai ke tujuan. Di sinilah kacamata hitam melakukan fungsinya. Katakanlah Anda terbang ke London. Ketika Anda naik penerbangan sore hari, tentunya sudah malam di sana.

"Anda ingin memakai kacamata hitam melalui bandara dan naik ke pesawat untuk mencoba mulai mengelabui tubuh Anda bahwa ini adalah malam hari, sehingga Anda mungkin memiliki peluang lebih baik untuk tidur di pesawat," jelas Robbins.

Robbins juga menyarankan makan lebih banyak sebelum Anda naik pesawat, sehingga Anda tidak perlu begadang untuk makan malam, dan bangun sedikit lebih awal sehingga Anda akan merasa sedikit lelah.

Lanjutkan untuk memakai kacamata hitam Anda melalui penerbangan sampai Anda mengantuk, gunakan masker mata, pasang penutup telinga Anda, dan selamat menikmati penerbangan Anda.(fny/jpnn)

Mamakai kacamata hitam sebelum penerbangan bisa membantu Anda menghindari jet lag.


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News