Ini Alasan Mengapa Wanita Butuh Lebih Banyak Tidur Dibanding Pria

Ini Alasan Mengapa Wanita Butuh Lebih Banyak Tidur Dibanding Pria
Ilustrasi. Foto: Catholiclane

jpnn.com - PASANGAN suami istri terkadang akan merebutkan waktu tidur yang lebih lama. Sebuah penelitian menyatakan seorang wanita membutuhkan waktu tidur lebih banyak, dibanding para pria.

Studi ini meneliti 210 pria paruh baya dan wanita. Hasilnya menemukan bahwa wanita menderita masalah kesehatan yang lebih besar dari kurang tidur, dibandingkan laki-laki.

"Kami menemukan bahwa bagi wanita, kurang tidur sangat terkait dengan tingkat tinggi tekanan psikologis dan perasaan yang lebih besar dari permusuhan, depresi dan kemarahan," kata direktur Sleep Research Center di Loughborough University, Dr. Profesor Jim Horne, seperti dilansir laman Yourtango, Kamis (7/4).

"Sebaliknya, perasaan ini tidak terkait dengan tingkat yang sama dari gangguan tidur pada pria. Salah satu fungsi utama tidur adalah memungkinkan otak untuk pulih dan memperbaiki diri," kata Horne lebih lanjut.

Selama tidur nyenyak, korteks, bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori pikiran, bahasa dan sebagainya masuk ke recovery mode.

"Semakin banyak otak yang Anda gunakan pada siang hari, maka semakin banyak waktu yang Anda perlukan untuk pulih, akibatnya, lebih banyak tidur yang Anda butuhkan. Wanita cenderung multi-task dan mereka menggunakan otak mereka lebih sering dari pria. Karena itu, kebutuhan tidur mereka lebih besar," jelas Horne.

Tapi mengapa perempuan membutuhkan lebih banyak tidur daripada pria?

"Hal ini karena kabel otak wanita berbeda dari laki-laki dan lebih kompleks, sehingga waktu tidur mereka akan sedikit lebih besar. Rata-rata adalah 20 menit lebih, tetapi beberapa wanita mungkin perlu sedikit lebih atau kurang dari ini," pungkas Horne.(fny/chi/jpnn)

PASANGAN suami istri terkadang akan merebutkan waktu tidur yang lebih lama. Sebuah penelitian menyatakan seorang wanita membutuhkan waktu tidur lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News