Ini Bahaya Memanaskan Makanan di Microwave

Ini Bahaya Memanaskan Makanan di Microwave
Ilustrasi. FOTO:getty images

jpnn.com - DEMI kepraktisan dan hemat waktu, beberapa orang memiliki kebiasaan mengambil makanan dari lemari pendingin kemudian langsung memasaknya ke microwave. Dalam waktu tiga menit saja, makanan itu sudah siap disantap.

Tapi, tahukah anda bahwa memasak makanan menggunakan microwave sebenarnya justru tidak baik bagi kesehatan? Berikut ini lima masalah kesehatan yang terdapat di balik penggunaan microwave untuk memasak:

1. Nutrisi makanan hilang

Memanaskan makanan di microwave bisa menanggalkan nutrisi asli makanan tersebut. Apa yang awalnya disebut sepiring makanan bergizi telah berubah menjadi makanan mati karena pemanasan dielektrik gelombang mikro.

Molekul air yang berputar dengan cepat diiringi frekuensi tinggi pada microwave menghasilkan gesekan molekul yang bisa memanaskan makanan. Hal ini menyebabkan struktur molekul dalam makanan berubah, sehingga kandungan gizi dalam makanan juga berkurang.

2. Menghancurkan vitamin B-12 dan kandungan gizi pada ASI

Manfaat dari vitamin B-12 akan segera hilang setelah dipanaskan di microwave. Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry, peneliti mengamati efek pemanasan microwave terhadap hilangnya vitamin B-12 pada makanan baku seperti daging sapi dan susu. Hasil penelitian menunjukkan ada 30 sampai 40 persen vitamin yang hilang akibat paparan microwave. Pergeseran vitamin B-12 menjadi bentuk tidak aktif ditemukan dalam makanan selama proses pemanasan di microwave.

Zat-zat pelawan bakteri dalam ASI juga hancur saat dipanaskan di microwave. Temuan yang dipubikasikan dalam jurnal Pediatrics memeriksa praktek umum penggunaan microwave untuk memanaskan ASI beku. Peneliti menguji 22 sampel ASI beku untuk menguji kegiatan lisozim dan antibodi dengan memanaskan sampel selama 30 detik dengan dua pengaturan suhu yaitu rendah dan tinggi.

DEMI kepraktisan dan hemat waktu, beberapa orang memiliki kebiasaan mengambil makanan dari lemari pendingin kemudian langsung memasaknya ke microwave.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News