JPNN.com

Ini Bahaya Merokok Sebelum Tidur

Rabu, 02 Oktober 2019 – 04:31 WIB Ini Bahaya Merokok Sebelum Tidur - JPNN.com

jpnn.com - Bagi seorang perokok aktif, merokok sudah menjadi aktivitas yang wajib dilakukan setiap hari. Tak heran, orang yang sudah kecanduan akan merokok di mana pun dan kapan pun –termasuk sebelum tidur. Tapi, adakah bahaya merokok sebelum tidur? 

Kandungan berbahaya rokok

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, Anda harus tahu kalau dalam sebatang rokok, terkandung lebih dari 4.000 jenis bahan kimia. Dari ribuan bahan kimia tersebut, dua komponen yang sangat berbahaya, adalah nikotin dan tar.

Dijelaskan dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, nikotin adalah senyawa kimia organik kelompok alkaloid yang terdiri dari karbon, hidrogen, nitrogen dan oksigen. Zat ini membuat penggunanya merasakan sensasi relaks.

“Setelah diserap tubuh, nikotin akan memberikan rangsangan ke otak untuk menghasilkan endorfin. Ini adalah hormon yang dapat mengurangi efek dari rasa sakit, memberi rasa tenang dan nyaman. Meski terkesan bermanfaat, nikotin merupakan zat adiktif karena dapat membuat penggunanya menjadi kompulsif,” tutur dr. Dyah Novita.

Sementara itu, tar adalah senyawa kimia yang terkumpul dari asap hasil pembakaran rokok. Dijelaskan dr. Dyah Novita, saat asap rokok yang mengandung tar masuk ke saluran pernapasan, tubuh akan mengalami berbagai rangsangan yang memicu terjadinya gangguan pernapasan, menurunkan sistem kekebalan tubuh, serta gangguan kesuburan.

Dampak merokok sebelum tidur

Lantas, apa sih dampaknya saat Anda merokok sebelum tidur? Dijelaskan oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, merokok bisa menimbulkan gangguan tidur yang disebut insomnia.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...