Ini Bahayanya Bila Anda Terlalu Sering Mandi

Ini Bahayanya Bila Anda Terlalu Sering Mandi
Ilustrasi mandi.

jpnn.com - Mandi setiap hari mungkin memuaskan secara fisik dan mental.

Tetapi, terlalu sering mandi justru bisa membahayakan kulit dan mengakibatkan infeksi bakteri.

Tak hanya itu, mencuci kulit terlalu sering menyebabkannya mengering dan retak, yang memungkinkan kuman dan mikroba lainnya masuk ke tubuh Anda.

Dengan mandi, Anda mengeluarkan beberapa bau, tetapi juga menghilangkan minyak alami yang dihasilkan kulit Anda.

"Orang-orang mengira mereka mandi untuk kebersihan atau menjadi lebih bersih, tetapi secara bakteriologis, itu tidak terjadi," jelas seorang ahli penyakit menular dan dekan asosiasi untuk penelitian di Columbia University School of Nursing, Dr. Elaine Larson, seperti dilansir laman India Times, Rabu (20/6).

"Mencuci kulit Anda secara teratur menghilangkan minyak alami yang dihasilkannya dan juga mengganggu populasi bakteri pembangun kekebalan tubuh yang baik pada kulit," sambung asisten profesor dermatologi di George Washington University, Dr. C Brandon Mitchell.

"Saya pikir kebanyakan orang terlalu mandi. Tubuh Anda adalah mesin yang diminyaki dengan baik. Mandi harian tidak diperlukan," jelas Dr. Mitchell.

Baik Dr. Larson dan Dr. Mitchell menyarankan agar Anda menghindari sabun antibakteri yang melucuti bagian dari minyak yang secara alami disekresikan.

Terlalu sering mandi bsa menyebabkannya mengering dan retak, yang memungkinkan kuman dan mikroba lainnya masuk ke tubuh Anda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News