Ini Bedanya JK Berpasangan dengan SBY dan Jokowi

Ini Bedanya JK Berpasangan dengan SBY dan Jokowi
Ini Bedanya JK Berpasangan dengan SBY dan Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla sebelumnya sudah pernah menjabat kursi sebagai wakil kepala negara bersama Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada periode pemerintahan tahun 2004-2009. Kini ia mendampingi Presiden terpilih Joko Widodo. Lalu adakah perbedaan mendampingi dua orang tokoh yang berbeda?

JK tidak menjawab secara detail perbedaan itu. Namun, ia menyatakan situasi negara ketika Jokowi sekarang dan SBY dulu sangat berbeda sehingga jalannya roda pemerintahan pun akan berubah. 

Menurut pria yang akrab disapa JK ini, di awal tahun pertama SBY memerintah, perekonomian Indonesia sedang bergerak naik. Namun, pada akhirnya terhambat juga. "Waktu itu ekonomi kita sudah naik 2-7 persen. Tapi tantangannya besar. Bulan pertama langsung tsunami. Dana yang dikeluarkan juga banyak," ujar JK berbagi cerita dalam forum Pemred JPNN di Jakarta, Selasa, (14/10).

Tantangan di pemerintahan SBY saat itu, ujarnya, belum usai. Masih ada tantangan urusan BBM. Saat itu sampai ada tiga kali kenaikan BBM yang membuat masyarakat marah dan kecewa. 

Belum ditambah sejumlah peristiwa lainnya yang cukup mengganggu pemerintahan. Meski demikian, kata dia, ekonomi tetap meningkat hingga saat ini. "Jadi masalahnya beda, tantangannya beda," sambungnya.

Sementara saat ini, ketika berdampingan dengan Jokowi, JK mengaku situasi negara relatif aman tetapi gejolak ekonomi sedang menurun. Ini, sambungnya menjadi tantangan baru untuknya pasangan Presiden. "Jadi ini upaya membalikkannya harus bisa. Sekarang yang dulu naik itu harus kita pertahankan. Bagi saya ini semua tanntangan. Insya Allah kita selesaikan," tegas JK. (flo/jpnn)


JAKARTA - Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla sebelumnya sudah pernah menjabat kursi sebagai wakil kepala negara bersama Presiden RI Susilo Bambang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News