Ini Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah

Ini Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah
ILUSTRASI. FOTO: Laman Prevention

jpnn.com - Tekanan darah tinggi adalah keadaan di mana tekanan darah meningkat secara kronis dalam jangka waktu yang lama. Disebabkan karena pembuluh darah menyempit dan timbul tumpukan-tumpukan lemak serta zat-zat lain yang merugikan tubuh.

Cara mudah untuk mengetahui tekanan darah tinggi dengan memeriksa darah atau kontrol darah ke dokter dengan menggunakan alat yang dinamakan tensimeter.

Namun ada juga cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi, seperti dilansir laman Prevention, Minggu (27/6).

1. Mendapatkan sinar matahari

Dalam sebuah studi baru, para peneliti di University of Edinburgh menemukan bahwa orang yang terpapar sinar UV mengalami penurunan yang signifikan dalam tekanan darah bahkan sebelum produksi vitamin D.

Sunlight mengubah nitrat yang disimpan di kulit Anda menjadi oksida nitrat, sebuah senyawa yang membantu melebarkan pembuluh darah Anda.

2. Kunjungi kebun binatang

Anda tidak perlu untuk mengadopsi anak anjing untuk menikmati manfaat penurunan tekanan darah. Ketika orang-orang dalam studi Jepang mengunjungi kebun binatang, tekanan darah sistolik mereka (angka atas) turun 6 persen dan diastolik mereka (angka bawah) mengalami penurunan sebesar 8 persen. Mengapa bisa begitu?

Tekanan darah tinggi adalah keadaan di mana tekanan darah meningkat secara kronis dalam jangka waktu yang lama. Disebabkan karena pembuluh darah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News