Ini Cara Terbaik Cegah Honorer K2 Siluman

Ini Cara Terbaik Cegah Honorer K2 Siluman
Massa Honorer K2 melakukan aksi unjukrasa di depan Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Jakarta, Kamis (23/2). Mereka menuntut penyelesaian pengangkatan honorer K2. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah tengah melakukan pendataan honorer K2 yang masuk database. Hasil pendataan ini nantinya dijadikan dasar untuk mengambil kebijakan pemerintah.

"Kami mendukung pemerintah melakukan pendataan. Dan, saya yakin jumlah honorer K2 makin berkurang karena banyak yang meninggal," kata Ketua Umum Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) Lukman Said kepada JPNN.

Bila data pemerintah jumlahnya membengkak, lanjut Lukman, mengindikasikan banyak honorer K2 siluman. Sebab, jumlah honorer K2 asli terus menurun dengan beragam penyebab.

Untuk mencegah honorer siluman masuk, Lukman menyarankan pemerintah melibatkan kepolisian dan kejaksaan dalam validasi data.

"Jangan hanya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang melakukan validasi. Ajak Kejaksaan dan Kepolisian agar daerah takut bila memanipulasi data," bebernya.

Dengan keterlibatan polisi maupun kejaksaan, Lukman optimistis, para pejabat daerah waswas untuk kongkalikong dengan honorer K2 siluman. (esy/jpnn)


Jumlah honorer K2 asli saat ini terus menurun angkanya dengan beragam penyebab.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News