Ini Cerita Mantan Dosen Komjen Budi Gunawan saat Masih di Akpol

Ini Cerita Mantan Dosen Komjen Budi Gunawan saat Masih di Akpol
Komjen (Purn) Togar M Sianipar. Foto: kapanlagi/int

jpnn.com - KOMJEN Pol Budi Gunawan merupakan murid Komjen (Purn) Togar M Sianipar saat masih di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang.

Togar, yang mulai menjadi pengajar di Akpol tahun 1982, juga menjadi salah satu dosen penguji tugas akhir Budi saat hendak menuntaskan perkuliahan di sana.

"Waktu dia ujian akhir Taskap, Kertas Karya Perseorangan, kalau istilah umumnya skripsi, dia bisa menjawab dengan tangkas, bagus, dan komprehensif. Dia cerdas," ujar Togar Sianipar kepada JPNN kemarin (15/1).

Mantan pimpinan Badan Narkotika Nasional (BNN) itu mengatakan, ujian akhir Budi itu merupakan momen yang masih teringat dengan jelas.

Sedang dalam perkuliahan sehari-hari, sosok Budi juga masih diingat betul. "Cerdas, berprestasi, dan ganteng dia," kata mantan Kapolda Bali, Sumsel, dan Kaltim itu tentang sosok Budi, yang merupakan Lulusan Terbaik Akpol Angkatan 1983. Togar sendiri, pria yang juga Siantar Man itu, lulus Akpol Tahun 1971.

Tidak hanya di Akpol, Budi kembali menjadi muridnya Togar saat menempuh pendidikan di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas). Begitu lulus Lemhannas, Togar sudah jarang berkomunikasi dengan mantan ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri itu.

Komunikasi terakhir, saat Ikatan Alumni Lemhannas (Ikal) akan menggelar acara buka puasa bersama tahun lalu.

"Saya telepon, "Dik, ada waktu nggak buka puasa bersama?". Dia bilang "oke, saya usahakan". Itu komunikasi saya yang terakhir dengan dia," cerita Togar, yang juga salah satu Ketua Ikal itu.

KOMJEN Pol Budi Gunawan merupakan murid Komjen (Purn) Togar M Sianipar saat masih di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang. Togar, yang mulai menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News