Ini Daerah di Jakarta yang Berpotensi Banjir Hari Ini

Ini Daerah di Jakarta yang Berpotensi Banjir Hari Ini
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - Ibu kota terancam banjir. Ya, DKI Jakarta berpotensi banjir usai tinggi air di Bendung Katulampa, Bogor berstatus siaga 1. 

"Berdasarkan pantauan Pusdalops BPBD DKI Jakarta, tinggi muka air di Bendung Katulampa terukur 200 cm, Senin (7/3) sekitar pukul 22.00 WIB. Ini menunjukkan level Siaga 1 atau level tertinggi dalam peringatan dini banjir Jakarta," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam pesan singkat berantai.

Hal itu disebabkan oleh hujan deras hulu Sungai Ciliwung di daerah Puncak, Jawa Barat, yang menyebabkan tinggi muka air naik dengan cepat. 

Dia menjelaskan, sekitar pukul 22.20 WIB tadi, tinggi muka air Sungai Ciliwung mencapai 250 Cm. Kondisi masih hujan deras di bagian hulu.

"Diperkirakan 9-11 jam ke depan, permukiman di daerah-daerah di bantaran Sungai Ciliwung berpotensi terendam banjir," terangnya. 

Sutopo jelaskan, sejumlah wilayah wilayah aliran Sungai Ciliwung yang berpotensi banjir, diantaranya Srengseng Sawah, Pejaten Timur, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

"Meskipun tidak akan terjadi banjir besar karena sungai-sungai lainnya masih kondisi aman. Namun tetap perlu diwaspadai," sambung dia.

Sutopo juga menambahkan, cepatnya kenaikan tinggi muka air sungai dari Siaga 3 menjadi Siaga 1 dalam kurun waktu kurang dari satu jam menunjukkan bahwa daerah aliran sungai Ciliwung sudah rusak. (sam/rmol/adk/jpnn)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News