Penggusuran Kalijodo Sukses, Pengacara: Berkat Daeng Azis

Penggusuran Kalijodo Sukses, Pengacara: Berkat Daeng Azis
Tokoh masyarakat Kalijodo, Daeng Azis saat ditangkap polisi beberapa waktu lalu karena diduga mencuri listrik. Foto: istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggusur kawasan Kalijodo di Jakarta Utara akhirnya berjalan aman dan tertib. Padahal, sebelumnya sempat muncul kekhawatiran bahwa penggusuran itu akan berujung ricuh.

Pemprov DKI memang mengerahkan segala sumber daya untuk menggusur lokalisasi liar di perbatasan Jakarta Utara dengan Jakarta Barat itu. Tidak hanya menerjutkan satuan polisi pamong praja (Satpol PP), tetapi juga personel TNI dan Polri sehingga penggusuran sukses.

Namun, kunci sukses penggusuran itu itu justru ada ada Abdul Azis alias Daeng Azis, pemuka masyarakat di Kalijodo. Menurut kuasa hukum Daeng Aziz, Razman Arif NAsution, kliennya yang kini berada di tahanan memang menginstruksikan warga Kalijodo tidak melawan upaya penertiban.

"Diinstruksikan agar teman-teman dan anak buah beliau (Daeng Azis, red) tidak melakukan gerakan apapun, sehingga mulus lah penggusuran itu," papar Razman di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/3).

Razman menambahkan, Daeng Azis memang wanti-wanti kepada anak buahnya agar tidak melakukan perlawanan saat proses penertiban. Razman pun sampai perlu memberikan pemahaman ke berbagai pihak agar jangan sampai Daeng Azis mengerahkan anak buah untuk melawan upaya penertiban.

"Kita tidak ingin ada benturan. Begitu Daeng ditahan, saya beri pemahaman jangan sampai beliau menggerakkan anak buahnya dan terjadi benturan di lapangan," pungkasnya.(mg4/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News