Ini Daftar Sumber Vitamin K Terbaik

Ini Daftar Sumber Vitamin K Terbaik
ILUSTRASI. Brokoli. Foto: Laman Cheat Sheet

jpnn.com - Walaupun kurang populer, tetapi manfaat vitamin K untuk tubuh tak kalah banyak. Vitamin lebih dikenal oleh masyarakat sebagai asupan yang berperan penting dalam proses pembekuan darah.

Meski demikian, vitamin K juga memiliki beragam manfaat selain itu. Sumbernya pun bisa bermacam-macam. Dengan mengetahui beragam sumber vitamin K terbaik, Anda pun bisa mengonsumsi makanan dengan lebih variatif.

Jenis vitamin K

Sebenarnya vitamin K terdiri dari berbagai tipe. Namun ada dua jenis yang telah dikenal secara luas, yaitu  vitamin K1 (filokuinon) dan K2 (menakuinon).

Vitamin K1 terutama berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan, dan merupakan vitamin K yang lebih banyak dikonsumsi oleh manusia (sekitar 75-90 persen).

Sementara itu, vitamin K2 berasal dari produk hewani dan makanan yang telah melalui proses fermentasi. Selain itu, bakteri di dalam usus manusia juga dapat menghasilkan vitamin K2.

Daftar sumber vitamin K terbaik

Berikut adalah daftar bahan makanan sumber vitamin K1, diurutkan dari yang paling tinggi (berdasarkan 150 gram sayuran).

Dengan mengetahui beragam sumber vitamin K terbaik, Anda pun bisa mengonsumsi makanan dengan lebih variatif.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News