Ini Dampaknya Jika Anak Dibiasakan Menulis dengan Tangan Sejak Usia Dini, Wow

Ini Dampaknya Jika Anak Dibiasakan Menulis dengan Tangan Sejak Usia Dini, Wow
Ilustrasi anak sekolah menulis dengan tangan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Membiasakan anak menulis dengan tangan ternyata dampaknya luar biasa.

Penelitian terbaru Johns Hopkins University (JHU) yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science menunjukkan bahwa latihan menulis tangan memiliki manfaat yang luar biasa untuk otak dan daya ingat anak.

Menulis tangan menurut jurnal tersebut mampu menyempurnakan keterampilan motorik halus dan menciptakan pengalaman motorik-perseptual yang membantu untuk mempelajari keterampilan terkait literasi secara umum lebih cepat. 

Keterampilan ini jauh lebih baik daripada bila mereka mencoba mempelajari materi yang sama dengan mengetik pada keyboard atau menonton video (Wiley & Rapp, 2021).

Penggiat literasi Maman Suherman mengemukakan menulis dengan tangan sejak usia dini adalah investasi untuk kecerdasan dan masa depan anak-anak.

Keterampilan ini akan membentuk karakter mereka sebagai individu yang dapat berpikir kritis dan menjadi pemecah masalah yang andal. 

Dia juga menekankan pentingnya dukungan dari semua pihak, termasuk orang tua, guru, dan masyarakat, agar anak-anak tetap termotivasi melatih dan mengembangkan kemampuan menulis dengan tangan.

“Anak-anak perlu merasakan pengalaman. Dan menulis dengan tangan itu menggoreskan pengalaman yang sangat mendalam hingga akhir hayat," ucap Maman dalam keterangannya dikutip Selasa (2/5).

Ini dampak luar biasa  jka anak dibiasakan menulis dengan tangan sejak usia dini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News