Ini Data Terkini Pengguna Tol di Indonesia, Meningkat 17,4 Persen

Ini Data Terkini Pengguna Tol di Indonesia, Meningkat 17,4 Persen
Situasi di Tol Jakarta-Cikampek, Rabu (6/10). Foto: Humas Jasa Marga

jpnn.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) di tol seluruh Indonesia meningkat 17,4 persen pada September 2021.

Volume LHR tol di Indonesia pada September 2021 adalah 3,03 juta kendaraan. Jumlah pengguna tol itu meningkat jika dibandingkan dengan Agustus 2021, yakni, 2,59 juta kendaraan.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan peningkatan volume LHR di tol Jasa Marga Group itu terjadi karena efek dari penurunan status PPKM dari level 4 ke 3 pada Agustus 2021 yang berlaku di Jawa-Bali.

Menurut Heru, jika dibandingkan dengan LHR sebelum pandemi periode Februari 2020, maka LHR di bulan September ini masih turun sebesar 7,9 persen.

"Namun, kami melihat tren peningkatan LHR yang selaras dengan penurunan level PPKM di sejumlah daerah cukup signifikan," kata Heru dalam keterangan tertulis, Rabu (6/10).

Dia menyebut pada Juli saat diberlakukannya PPKM Darurat, LHR Tol Jasa Marga Group sempat turun hingga 43,9 persen dibandingkan dengan LHR sebelum pandemi.

Heru menyebut saat status PPKM Darurat berubah menjadi level 4 pada Agustus 2021, peningkatan LHR cukup signifikan, sehingga jika dibandingkan dengan LHR sebelum pandemi, angkanya turun sebesar 23,5 persen.

Adapun tiga ruas Tol Jasa Marga Group dengan LHR tertinggi di bulan September kemarin adalah Tol Dalam Kota dengan 465 ribu kendaraan, Tol Jakarta-Cikampek dengan 425 ribu kendaraan dan Jalan Tol Jagorawi dengan 381 ribu kendaraan. (cr1/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) pengguna tol di Indonesia meningkat 17,4 persen pada September 2021, simak selengkapnya.


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News