Ini Dia E-Commerce 2023 yang jadi Pilihan Mayoritas Brand Lokal dan UMKM

Ini Dia E-Commerce 2023 yang jadi Pilihan Mayoritas Brand Lokal dan UMKM
Belanja online. Ilustrator: Ardissa Barack/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - IPSOS melakukan survei 'Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual' dengan melibatkan responden yang mayoritas pemilik brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live streaming di marketplace melalui IPSOS Online Panel.

Berdasarkan hasil survei terbaru IPSOS Indonesia dari tiga indikator utama, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling disukai oleh brand lokal dan UMKM.

Adapun indikatornya antara lain adalah:

Shopee Live memimpin pada indikator fitur live streaming yang paling populer bagi para brand lokal dan UMKM dengan persentase 96%, diikuti oleh TikTok Live (87%), Lazada Live (71%), dan Tokopedia Play (62%).

Selanjutnya, dalam indikator yang menggunakan pendekatan marketplace yang paling banyak digunakan dalam tiga bulan terakhir bagi para brand lokal dan UMKM untuk menjual/memasarkan produk secara live streaming juga ditemukan Shopee Live (88%) kembali terpilih sebagai saluran utama, diikuti oleh TikTok Live (61%), Lazada Live (35%) dan Tokopedia Play (27%).

Aspek lainnya yang menjadi pertimbangan utama dalam memilih fitur live streaming untuk berjualan adalah bagaimana platform dapat memberikan pangsa pasar nilai transaksi.

Pada indikator Share of Value, mayoritas brand lokal & UMKM memilih Shopee Live (44%), diikuti TikTok Live (28%), Lazada Live (17%), dan Tokopedia Play (12%).

Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma mengatakan sepanjang 2023, inovasi yang dihadirkan para pemain e-commerce telah menjadi pusat perhatian dalam pengalaman berjualan online.

Platform ini tidak hanya menjadi pilihan utama penjual khususnya brand lokal dan UMKM, tetapi juga turut berdampak signifikan pada nilai transaksi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News