Ini Dia Para Menteri KIB II

Ini Dia Para Menteri KIB II
UMUMKAN - Presiden SBY dalam jumpa pers pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, Rabu (21/10) malam, dengan didampingi Wapres Boediono. Foto: Agus Srimudin/JPNN.
JAKARTA - Diumumkan dengan tenang dan penuh percaya diri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tepat mulai pukul 22.00 WIB, Rabu (21/10), akhirnya dipastikan juga 34 nama menteri yang bakal mengisi Kabinet Indonesia Bersatu jilid II (KIB II). Dalam pengumuman itu, SBY sekaligus menyebutkan tiga nama pejabat negara lainnya. Juga dipastikan adanya beberapa posisi menteri yang bakal memiliki wakil, kendati nama-namanya belum diumumkan sekarang. Sementara itu, tiga jabatan penting lain yang sejauh ini dikatakan masih menjabat alias belum diganti, masing-masing adalah Jaksa Agung, Kapolri, serta Panglima TNI.

Nyaris tak ada 'kejutan' dari pengumuman itu. Dari ke-34 nama menteri yang disebukan, satu calon di antaranya,  Nila Afansa Moeloek, istri mantan Menkes Prof Moeloek yang digadang-gadangkan duduk di posisi Menkes, ternyata tidak masuk. Padahal sebelumnya, Nila telah mengikuti tes kesehatan dan kejiwaan - namun dikabarkan tidak lolos di sana. Nila akhirnya digantikan Endang Rahayu Ningsih yang tidak begitu familiar sebelumnya di telinga khalayak.

Dalam pengantar pengumumannya, SBY mengatakan bahwa komposisi kabinet yang diumumkan ini bisa jadi akan menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. "Akan ada pihak yang tidak puas. Tapi saya nilai itu wajar. Tahun 2004 juga begitu. Dan itulah indahnya demokrasi," kata SBY pula, yang malam itu didampingi Wapres Boediono.

Dalam kesempatan itu, SBY sekaligus juga meminta maaf, karena banyak tamu sempat hendak bertemu dengannya untuk memberi masukan, tapi tidak dilayani. "Dua-tiga hari ini ada yang ingin bertemu dengan saya, yang ingin memberi masukan. Dengan segala hormat, lebih baik tidak bertemu, karena sistem sedang bekerja menyusun kabinet," ucapnya.

JAKARTA - Diumumkan dengan tenang dan penuh percaya diri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tepat mulai pukul 22.00 WIB, Rabu (21/10),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News