Ini Faktor yang Bikin Elektabilitas Erick Thohir Melesat

Ini Faktor yang Bikin Elektabilitas Erick Thohir Melesat
Elektabilitas Erick Thohir melesat. Ilustrasi Foto: Dok. Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) Kuskridho Ambardi mengungkap sejumlah faktor elektabilitas Erick Thohir melesat.

Dia mengatakan pencapaian Erick Thohir yang masuk dalam empat besar menteri dan kementerian yang berkinerja paling baik merupakan hasil dari transformasi yang terus dijalankan.

Keberhasilan Erick dalam memimpin BUMN menjadi salah satu faktor dia sebagai calon nonparpol yang memiliki elektabilitas tertinggi dalam hasil survei Indikator Politik.

"Saya kira, ada hubungan antara langkah atau salah satu kebijakan yang diambil ET sebagai Menteri BUMN dengan concern publik tentang pentingnya peluang kerja bagi masyarakat," ujar Kuskridho, Rabu (27/4).

Kuskridho menuturkan pembukaan lowongan kerja di berbagai BUMN beberapa waktu lalu menjawab concern tersebut dan sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dengan begitu, sikap publik pemilih yang positif terhadap kebijakan itu akan berdampak positif pula pada sikap dan penilaian publik pemilih terhadap Erick Thohir.

"Ujungnya, itu bisa menaikkan dukungan terhadap ET. Dalam hal ini dukungan elektoral publik pemilih," ucap Kuskridho.

Melihat data survei tersebut, Kuskridho menilai ET perlu memperluas kemungkinan serapan BUMN terhadap tenaga kerja di Indonesia guna mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan publik atas kapabilitas kepemimpinan Erick.

Dosen Fisipol UGM Kuskridho Ambardi mengungkap sejumlah faktor elektabilitas Erick Thohir melesat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News