Ini Gejala Stroke yang Harus Dikenali Secara Dini

Ini Gejala Stroke yang Harus Dikenali Secara Dini
Ini Gejala Stroke yang Harus Dikenali Secara Dini

jpnn.com - KARENA sifatnya yang kronis dan cepat melumpuhkan, maka stroke harus segera ditangani. Semakin cepat penderita memperoleh pertolongan, semakin kecil kerusakan yang terjadi pada otaknya.

"Lagipula ada sejumlah pengobatan yang harus diberikan penderita stroke di 3 hingga 4 jam pertama pasca serangan, seperti obat penghilang gumpalan. Itulah mengapa perhatian urgent itu penting untuk menangani stroke," kata profesor neurologi dari Wayne State University School of Medicine, Seemant Chaturvedi MD, seperti dilansir laman ABC News, Minggu (29/9).

Berikut 10 gejala stroke yang perlu dikenali setiap orang:

1. Gangguan penglihatan atau pandangan kabur

Stroke dapat menyebabkan penglihatan menjadi ganda, kabur atau bahkan hilangnya penglihatan di salah satu mata. Namun gejala ini mungkin tak semenonjol lemahnya otot wajah, lengan dan gangguan bicara yang umumnya lebih sering terlihat pada pasien stroke.

2. Susah bicara atau linglung

Stroke juga dapat menurunkan kemampuan seseorang untuk mengekspresikan dirinya lewat kata-kata atau memahami perkataan orang lain. Sejumlah tes sederhana yang dilakukan oleh dokter seperti meminta anda mengucapkan sebaris-dua baris kalimat dapat memprediksi seberapa besar risiko stroke anda.

3. Lengan dan kaki lunglai

KARENA sifatnya yang kronis dan cepat melumpuhkan, maka stroke harus segera ditangani. Semakin cepat penderita memperoleh pertolongan, semakin kecil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News