Ini Isi Pertemuan Empat Mata Jokowi dan Donald Trump

Ini Isi Pertemuan Empat Mata Jokowi dan Donald Trump
Joko Widodo dan Donald Trump. Foto-foto: Setpres

jpnn.com, HAMBURG - Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, di sela-sela penyelenggaraan KTT G20 di Hamburg, Jerman, Sabtu (8/7).

Jokowi, sapaan Joko Widodo, membuka pertemuan itu dengan pembicaraan ringan soal penggemar Trump di tanah air. “Saya ingin menyampaikan salam dari jutaan penggemar Anda di Indonesia. Mereka tertarik untuk menyambut Anda di Indonesia," ujar Jokowi mencairkan suasana di awal pembicaraannya.

Ini Isi Pertemuan Empat Mata Jokowi dan Donald Trump

Kepada Trump, Jokowi menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Pence ke Jakarta, beberapa waktu lalu. Bagi Indonesia, kunjungan itu menandai komitmen Negeri Paman Sam untuk memperkuat hubungan kedua negara.

Pada pertemuan itu, Jokowi-Trump membahas soal peningkatan kerja sama di bidang ekonomi dan pemberantasan terorisme. Keduanya juga sepakat untuk meningkatkan perdagangan yang saling menguntungkan.

Hubungan perdagangan Indonesia dengan Amerika Serikat saat ini sangat bervariasi, mulai dari kelapa sawit, kedelai sampai ke pesawat terbang.

Sementara itu, di bidang penanggulangan terorisme, suami Iriana menyampaikan apresiasinya kepada komitmen AS untuk tidak memusuhi Islam dan bekerja sama dengan negara muslim untuk memerangi terorisme.

Hal itu sesuai dengan hasil Riyadh Summit pada bulan Mei yang lalu yang dihadiri juga oleh kedua pemimpin tersebut.

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, di sela-sela penyelenggaraan KTT G20 di Hamburg,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News