Ini Jenis Senjata yang Digunakan ZA Tembaki Polisi, Dapat dari Mana?

Ini Jenis Senjata yang Digunakan ZA Tembaki Polisi, Dapat dari Mana?
Senjata airgun yang digunakan ZA menyerang Mabes Polri. Foto: Dok Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono membeberkan jenis senjata yang digunakan ZA saat menyerang Mabes Polri, Rabu (31/3).

Menurut Argo, senjata yang digunakan ZA adalah airgun berkaliber 4,5 MM. Hal itu dipastikan setelah melakukan pendalaman dan pengecekan dari uji labfor atas sejumlah barang bukti yang ditemukan dari jasad terduga teroris tersebut.

"Dari hasil pengamatan gambar senjata yang dipergunakan pelaku jenis pistol airgun BB bullet call 4,5mm," kata Argo dalam keterangannya, Kamis (1/4).

Argo mengatakan, aparat kepolisian sampai saat ini masih terus melakukan penyelidikan soal asal-usul senjata airgun tersebut bisa didapatkan oleh pelaku.

"Asal senjata masih diselidiki. Karena yang bersangkutan sudah meninggal," tambah mantan Kapolres Nunukan itu.

Senjata airgun ini menggunakan gas Co2 sebagai pendorong peluru, yang penggunaannya ditancapkan dan dipasang pada bagian popor senjata.

Airgun adalah salah satu jenis senjata angin. Mekanisme yang digunakan untuk menembak memanfaatkan tekanan angin. Hal yang sama bisa ditemukan pada senapan angin atau airsoft gun.

Tetapi, dalam hal perbedaannya yaitu untuk airgun angin yang digunakan adalah karbon dioksida atau CO2. Peluru yang digunakan juga berbentuk bola kecil atau gotri yang terbuat dari logam.

Terduga teroris ZA menyerang Mabes Polri menggunakan pistol. Dapat dari mana senjata itu?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News