Ini Kehebatan Arloji Emas Apple yang Seharga Honda Jazz

Ini Kehebatan Arloji Emas Apple yang Seharga Honda Jazz
FOTO: AP

jpnn.com - SAN FRANCISCO - Produsen gadget yang menjadi kiblat tren dunia, Apple, akhirnya mengungkap produk-produk terbarunya pada sebuah acara yang diberi nama Spring Forward. Event perdana Apple pada 2015 tersebut mengambil tempat yang sama saat iPhone 5 diluncurkan, yakni di Yerba Buena Center, San Francisco

Dalam durasi hampir dua jam, Apple tidak hanya memperkenalkan berbagai produk terbarunya seperti new MacBook, Apple Watch, dan Apple Research Kit. Namun juga membeberkan berbagai fakta dan data termutakhir mengenai Apple.

 

Dalam pidatonya, CEO Apple Tim Cook mengungkapkan, Apple telah memiliki 453 Apple Store di seluruh penjuru dunia yang sudah dikunjungi lebih dari 120 juta orang hingga saat ini. Cook juga membeberkan, Apple telah menjual 700 juta iPhone sejak seri pertama sampai iPhone 6. "Jumlah tersebut dua kali lipat dari rata-rata penjualan unit di industri smartphone," klaim pengganti mendiang Steve Jobs itu.

Beralih ke produk yang paling ditunggu-tunggu, Cook akhirnya secara resmi memperkenalkan perangkat wearable pertama Apple, yakni Apple Watch. Setelah melalui beragam spekulasi mengenai bentuk, fitur, dan bahan yang digunakan, Apple Watch hadir dan siap meramaikan industri persaingan smartwatch mulai April nanti.

Dalam fitur yang dijelaskan Cook disebutkan, banyak hal yang dapat dilakukan di Apple Watch. Selain menelepon dan mengecek e-mail, Apple Watch bisa digunakan sebagai fitness tracker. Apple Watch siap merekam aktivitas fitness pengguna serta mengukur jarak tempuh berlari, kalori yang terbakar, dan lain-lain.

Selain itu, Apple Watch mendukung aplikasi pesan singkat online, yaitu WeChat, yang memungkinkan pengguna mengirim stiker melalui Apple Watch. Juga terdapat aplikasi untuk layanan taxi Uber yang dapat menampilkan informasi tentang lokasi dan sopirnya. Apple Watch juga dapat menampilkan boarding pass yang sudah terintegrasi dengan aplikasi PassBook di iPhone.

Untuk harga, Apple Watch hadir dalam berbagai pilihan sesuai dengan jenisnya. Apple Watch Sports yang merupakan varian termurah dibanderol USD 349-399 (Rp 4,53-5,18 juta). Tersedia juga Apple Watch dengan balutan emas yang dihargai USD 17.000 (Rp 221 juta). Harga itu setara satu unit Honda Jazz seri S-Manual terbaru.

Selain Apple Watch, Apple memperkenalkan MacBook barunya yang tampil dengan desain sangat tipis. MacBook terbaru Apple itu disebut bukan penerus MacBook Air maupun MacBook Pro, melainkan gabungan keduanya. Gadget tersebut hadir dengan layar Retina Display yang berukuran 12 inci sehingga memiliki resolusi lebih tajam. 

Apple juga membe­namkan sebuah teknologi trackpad terbaru yang berjuluk Force Touch yang juga tampil dengan desain keyboard yang lebih elegan. Selain itu, Apple membenamkan baterai dengan kapasitas 35 persen lebih besar daripada sebelumnya. Sehingga baterainya diklaim tetap bisa bertahan sekitar 10 jam untuk memutar video dan dapat bertahan hingga 9 jam saat digunakan untuk browsing melalui wifi.

Apple juga menurunkan harga produk Apple TV menjadi USD 69 dan kini film-film HBO akan dapat diakses pemirsa Apple TV dengan layanan USD 14,99 per bulan dan dimulai April. HBO berlangganan akan memberi pemirsa akses ke semua film, baik masa lalu, sekarang, maupun masa depan.

Apple juga memamerkan perangkat lunak baru yang disebut Research Kit, yang akan membantu para peneliti dan praktisi medis berkumpul serta mengatur data medis pasien melalui iPhone. Kit itu akan mencakup aplikasi untuk mereka yang menderita kanker payudara, diabetes, parkinson, penyakit jantung, dan asma.

Setelah momen perdana 2015, pergerakan harga saham hanya berdampak tipis. Saham Apple di akhir perdagangan bursa saham AS hanya naik 0,2 persen. (ap/c9/kim)

SAN FRANCISCO - Produsen gadget yang menjadi kiblat tren dunia, Apple, akhirnya mengungkap produk-produk terbarunya pada sebuah acara yang diberi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News