Ini Klub – klub Liga 1 yang Masih Menunggak Gaji Pemain

Ini Klub – klub Liga 1 yang Masih Menunggak Gaji Pemain
Ponaryo Astaman. Foto: Kaltim Post/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Liga 1 2019 tak lama lagi dimulai, beberapa klub hingga saat ini belum menuntaskan gaji pemainnya musim lalu. Di antaranya, Sriwijaya FC (SFC), PSMS Medan, dan Persegres Gresik United.

Dua eks pemain Sriwijaya SFC yang berkostum Persib, Zalnando dan Esteban Vizcarra, mengungkapkan bahwa gajinya belum dilunasi manajemen Laskar Wong Kito musim lalu.

Keduanya beberapa kali menagih, tetapi tidak ada hasil. Hingga akhirnya, APPI (Asosiasi Pemain Profesional Indonesia) turun tangan.

Komisaris (sementara) PT LIB Gusti Randa geram dengan kondisi itu. Dia menegaskan, klub-klub yang masih menunggak gaji pemain agar segera membereskannya. ’’Saya serahkan dulu ke internal mereka. Diselesaikan dulu,’’ ujarnya.

Dia tidak ingin tunggakan gaji itu berujung masalah. Terutama ketika ada pemain yang melapor ke FIFA. ’’Bisa menjadi masalah besar kalau ada yang melapor ke FIFA. Kami beri peringatan. Selesaikan internal dulu, baru kami tangani,’’ lanjutnya.

Sementara itu, Persegres Gresik United belum bisa memenuhi hak 22 pemainnya. Bahkan, hak tersebut tidak dipenuhi dalam dua tahun terakhir. Kebo Giras belum membayar 1–2 bulan gaji pemainnya ketika berkompetisi di Liga 1 2017.

Padahal, klub kebanggaan Kota Pudak itu sudah menerima subsidi penuh dari PT LIB. Persoalan tersebut sudah dilaporkan dan diproses APPI juga melalui Dinas Ketenagakerjaan Gresik.

Tiga kali pemanggilan kepada manajemen Persegres dilakukan agar melunasi tunggakan gaji pemainnya tersebut. Tapi, dalam tiga kali pemanggilan itu, tidak pernah sekali pun perwakilannya datang.

Sejumlah klub Liga 1 masih menunggak gaji pemain musim sebelumnya, padahal kompetisi Liga 1 2019 tidak lama lagi dimulai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News