Ini Kriteria Calon Ketum PSSI Menurut Agum Gumelar

Ini Kriteria Calon Ketum PSSI Menurut Agum Gumelar
Ilustrasi. FOTO: dok

jpnn.com - MANTAN Ketua Umum PSSI, Agum Gumelar melontarkan pendapatnya tentang calon ketua umum PSSI. Menurutnya, seorang Ketum PSSI yang akan dipilih nantinya harus memiliki empat kriteria.

Pertama, dia harus memiliki dedikasi penuh dan fokus kepada sepak bola. "Jadi tidak terpengaruh dengan hal-hal yang lain. Karena mengurus bola ini dibutuhkan tenaga yang besar," katanya dalam diskusi Menakar Calon Ketum PSSI di Senayan, Selasa (14/4).

Kriteria lainnya, calon Ketum harus memiliki kemampuan manajerial yang baik. Sebab, kondisi sepak bola saat ini sudah menuju ke arah Industri.

"Ini memang organisasi sepak bola, tapi saat ini, di era industri, PSSI bisa membangun dirinya secara mandiri. Syaratnya, ya harus memiliki kemampuan manajerial yang baik," ungkapnya.

Kriteria ketiga, karena saat ini sedang ramai-ramai terkait cawe-cawe pemerintah, seorang Ketum diharuskan mampu bermitra dengan pemerintah.

"PSSI harus menjadi mitra pemerintah untuk pembinaan sepak bola di tanah air. Bukan seperti atasan dan bawahan, tapi jalan beriringan untuk mencapai prestasi," tandasnya.

Kriteria terakhir dan penting karena menyangkut internal PSSI, adalah figur Ketum harus mampu menyatukan komponen sepak bola nasional. Ketum yang baru harus mampu menghilangkan dikotomi siapa orang siapa, yang selama ini selalu mencuat setiap kepengurusan terbentuk.

"Seluruh stake holder sepak bola, harus berjalan beriringan. Setelah kongres, semua 'kompetisi' selesai, fokusnya ke program," tandas dia. (dkk/jpnn)


MANTAN Ketua Umum PSSI, Agum Gumelar melontarkan pendapatnya tentang calon ketua umum PSSI. Menurutnya, seorang Ketum PSSI yang akan dipilih nantinya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News