Ini Kura-kura yang Hidup Hingga Delapan Raja Inggris

Ini Kura-kura yang Hidup Hingga Delapan Raja Inggris
Kura-kura tertua Jonathan. FOTO: getty images

jpnn.com - LONDON - Bukan hanya manusia saja yang memiliki status tertua di dunia, kura-kura juga ada. Adalah Jonathan, kura-kura raksasa yang kini diklaim telah berumur 182 tahun.

Kura-kura raksasa jenis Seychelles asal St Helena di Lautan Pasifik, sepertinya memang layak memegang status binatang tertua di dunia. Pasalnya, Jonathan sudah hidup di bawah delapan raja dan ratu Inggris, mulai dari George IV sampai Elizabeth II, dan 51 perdana menteri Inggris.

Seperti dilansir BBC, berdasarkan foto dari tahun 1882, Jonathan terlihat sudah mencapai ukuran dewasa, yang berarti binatang ini berumur 50 tahun.

Jonathan sendiri adalah satu dari tiga kura-kura raksasa yang tinggal di kediaman resmi Gubernur Wilayah Luar Negeri Inggris di Atlantik Selatan. Kura-kura raksasa ini dapat mencapai berat 300 kg dan panjang 1,3 meter.

"Dia bisa dibilang sudah buta karena katarak dan tidak mempunyai indera penciuman, tetapi pendengarannya masih baik," kata Joe satu-satunya dokter hewan di pulau tersebut.

Kebutaan membuat Jonathan sulit mencari makanan. Untungnya Joe memberikan sayur dan buah segar setiap Minggu pagi. Jonathan akan segera melahap makanan seperti pisang dan wortel jika ditawarkan.

Kura-kura raksasa ini juga termasuk binatang langka. Hanya sedikit populasi kura-kura Seychelles yang berhasil dipelihara.

Keberadaan kura-kura ini di St.Helena hingga kini tidak diketahui sejarahnya. Tetapi pada abad ke-17 kapal-kapal kemungkinan membawa tumpukan kura-kura, sama seperti makanan cepat saji. Ratusan ribu kura-kura diperkirakan dibunuh dan dimakan saat itu.

LONDON - Bukan hanya manusia saja yang memiliki status tertua di dunia, kura-kura juga ada. Adalah Jonathan, kura-kura raksasa yang kini diklaim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News