JPNN.com

Ini Manfaat Limbah Batu Bara untuk Mendongkrak Perekonomian di Sektor Lain

Selasa, 23 Maret 2021 – 23:03 WIB
Ini Manfaat Limbah Batu Bara untuk Mendongkrak Perekonomian di Sektor Lain - JPNN.com
PLN gunakan FABA atau limbah batu bara menjadi penggerak ekonomi nasional. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Asosiasi Perusahaan Batu bara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia menyebutkan pemerintah sudah tepat menghapus Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) dari daftar limbah berbahaya. 

Menurut dia, Indonesia harus meniru negara maju dalam mengelola FABA. Sebab, FABA nisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan semen dan jalanan.

Sebagai catatan, FABA ialah limbah padat yang dihasilkan dari proses pembakaran batubara pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

"Di Jepang, bendungan Fukushima itu bahan bakunya dari limbah batu bara. Jadi kenapa enggak belajar dari itu," ujar Hendra dalam keterangan resmi kepada awak media, Selasa (23/3).

Hendra menuturkan sejumlah perusahan batu bara, termasuk perusahaan PLTU telah melakukan kajian pemanfaatan FABA. Kajian  menyatakan bahwa bahan baku dari FABA aman digunakan.

"Untuk pemakaian massal memang belum, karena masih harus ada clearence kan," ujar Hendra.

Di Indonesia, Hendra menilai pemanfataan FABA masih skala kecil. Di sisi lain, produksi FABA dari PLTU mencapai belasan juta ton per tahun. Limbah itu akhirnya ditimbun tanpa pengelolaan.

"Kalau bisa dimanfaatkan ini malah mempunyai nilai tambah," ujar Hendra.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...