Ini Manfaat Luar Biasa dari Berpegangan Tangan

Ini Manfaat Luar Biasa dari Berpegangan Tangan
ILUSTRASI berpegangan tangan. Foto: gettyimage

jpnn.com, JAKARTA - Berpegangan tangan merupakan komunikasi non verbal yang diyakini paling efektif dalam menunjukkan rasa persahabatan, cinta kasih, peduli, dan simpati.

Selain itu, berpegangan tangan memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh masyarakat. Berikut ini penjelasannya.

1. Menenangkan

Penelitian telah menunjukkan efek dari sentuhan yang hangat dan suportif termasuk berkurangnya jumlah hormon stres kortisol, tekanan darah rendah dan detak jantung yang lebih lambat. "Berpegangan tangan mendukung konsekuensi fisiologis dari respons penuh tekanan," kata psikolog eksperimental, Matt Hertenstein, Ph.D., kepada NPR, seperti dilansir laman MSN, Kamis (6/2).

2. Ini membantu kita terhubung

Oksitosin. Berpegangan tangan, terutama ketika kita menjalin jari kita dengan orang lain, mendorong pelepasan “hormon pelukan” ini. Hasilnya? Melonjaknya perasaan pengabdian, kepercayaan dan ikatan.

3. Ini menangkal kesepian

Menurut Psychology Today, "kelaparan kulit" adalah epidemi modern. Orang-orang semakin "kehilangan kasih sayang" dan "fobia sentuhan." Ini dimulai dengan anak-anak sekolah yang gurunya bahkan tidak berani meletakkan tangan hangat mereka di bahu, dan berlanjut dengan remaja yang terobsesi dengan ponsel, yang mungkin lebih terbiasa menawarkan kepalan tangan.

Berpegangan tangan merupakan komunikasi non verbal yang diyakini paling efektif dalam menunjukkan rasa persahabatan, cinta kasih, peduli, dan simpati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News