Ini Manfaat Saffron, Rempah Seharga Jutaan Rupiah

Ini Manfaat Saffron, Rempah Seharga Jutaan Rupiah
Saffron, rempah bernilai puluhan juta. Foto: Alodokter

jpnn.com, JAKARTA - Saffron merupakan rempah berbentuk benang halus dari bunga bernama crocus sativus. Bagian bunga ini diambil dan dikeringkan.

Saffron banyak dihasilkan di kawasan Timur Tengah. Harga dari rempah ini sekitar Rp7-70 juta per 500 gram, tergantung pada kualitasnya.

Harga dari saffron ini mahal karena proses panennya yang masih manual. Ribuan hingga jutaan bunga akan diproses satu persatu dengan tangan tanpa bantuan mesin.

Berikut ini beberapa manfaat saffron untuk kesehatan, seperti dilansir laman Healthline, Senin (16/12).

1. Antioksidan

Saffron mengandung beragam senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan - molekul yang melindungi sel Anda dari radikal bebas dan stres oksidatif. Penelitian menunjukkan bahwa safranal bisa membantu meningkatkan suasana hati, memori, dan kemampuan belajar Anda, serta melindungi sel-sel otak Anda dari stres oksidatif.

2. Meningkatkan Mood dan Mengobati Gejala Depresi

Saffron dijuluki "rempah-rempah sinar matahari." Itu bukan hanya karena warnanya yang berbeda, tetapi juga karena bisa membantu mencerahkan suasana hati Anda. Dalam ulasan lima studi, suplemen saffron secara signifikan lebih efektif daripada plasebo dalam mengobati gejala depresi ringan hingga sedang.

Rempah Saffron dikenal memberikan banyak manfaat untuk kesehatam, salah satunya kanker usus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News