Ini Modus yang Biasa Dimainkan RS soal BPJS Kesehatan

2019, Seluruh Penduduk menjadi Peserta

Ini Modus yang Biasa Dimainkan RS soal BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - BPJS Kesehatan mengejar target kepesertaan seluruh masyarakat Indonesia. Sebab pada 2019 nanti merupakan penerapan universal health coverage (UHG).

Saat ini diperkirakan masih ada 66 jutaan masyarakat Indonesia belum menjadi peserta BPJS Kesehatan. Ini yang mereka bidik.

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari menjelaskan belum ada pemetaan khusus terkait 66 jutaan masyarakat yang belum jadi peserta BPJS Kesehatan itu.

Apakah mereka nantinya masuk menjadi peserta untuk kategori penerima bantuan iuran (PBI), penerima upah, atau peserta BPJS Kesehatan mandiri. ’’Kami harus segera maping (pemetaan, red),’’ katanya di Jakarta, Senin (26/2).

Perempuan yang akrab disapa Ani itu menuturkan di 2019 nanti ketika masuk dalam UHG, maka 100 persen penduduk Indonesia menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Dia mengatakan saat ini masih ada perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya ke BPJS Kesehatan.

Selain melakukan upaya turun langsung ke perusahaan, mereka juga menanyakan lewat telepon. Pendaftaran kepeseratan oleh pemberi kerja juga bisa dilakukan secara online.

Di tengah upaya meningkatkan jumlah peserta BPJS Kesehatan sampai 2019 nanti, Ani mengatakan upaya pelanggaran atau fraud tetap harus ditekan.

Di tengah upaya meningkatkan jumlah peserta BPJS Kesehatan sampai 2019 nanti, upaya pelanggaran atau fraud tetap harus ditekan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News