Ini Oleh-Oleh Marwan Blusukan ke Desa Terbaik di Banten

Sempat Mencicipi Ayam Bakar dan Sayur Asem

Ini Oleh-Oleh Marwan Blusukan ke Desa Terbaik di Banten
Marwan Jafar, saat blusukan ke Desa Pagedangan, Kecamatan Pagedangan, Tangerang, Banten, Jumat (9/1). Foto: istimewa

jpnn.com - BANTEN - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar blusukan ke Desa Pagedangan, Kecamatan Pagedangan, Tangerang, Banten, Jumat (9/1).

Sebelum mengawali blusukannya, Marwan melakukan salat Jumat di Masjid Al Ghofur bersama warga, alim ulama dan tokoh masyarakat setempat. Dalam blusukan di desa yang dicap terbaik di Banten tersebut, Marwan meninjau berbagai pembangunan yang telah dilakukan, salah satunya ke rumah warga yang mendapat bantuan.

Marwan juga menyempatkan berdialog dengan warga. Politikus Partai Kebangsaan Bangsa (PKB) itu menanyakan manfaat bantuan yang masuk dalam program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS). Menteri Marwan juga tak malu mengakui ingin belajar dari Pagedangan.

"Saya ingin melihat dan belajar kepada Kades dan Camat. Katanya di sini ada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Karena saya memang ingin desa-desa punya BUMDes. Ini yang akan memajukan desa," katanya kepada wartawan, Jumat (9/1).
 
Menteri Marwan juga berkesempatan mengunjungi sentra kuliner yang dikelola BUMDes. Marwan mencicipi ayam bakar dan sayur asem khas Pondok Lesehan Ayam Kampung Kita.
 
Selanjutnya, Menteri Marwan menuju Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST). Sebuah sistem pembuangan tempat sampah yang bisa menampung 500 sampai 1000 sampah kepala rumah tangga.

"Ini dipisah, antara organik dan non organik. Sampah yang dibakar dan dikumpulkan tidak menimbulkan bau. ‎Kalau alatnya diperbesar, ini bisa menampung sampah lebih banyak," ujar pengelola TPST kepada Menteri Marwan.

Melihat kemajuan Desa Pagedangan, Menteri Marwan kagum. Apalagi, menurut Marwan, Pagedangan jadi desa satu-satunya yang memiliki BUMDes di Kabupaten Tangerang.

"Saya berharap, Kades melihat potensi apalagi yang akan dikembangkan. Pelayanan sudah on-line. Saya optimis, desa yang lain akan meniru Desa Pagedangan. Nanti saya bisa cerita kepada tempat lain tentang kemajuan Desa Pagedangan," tutup Marwan. (adk/jpnn)

BANTEN - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar blusukan ke Desa Pagedangan, Kecamatan Pagedangan, Tangerang,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News