Ini Pendapat Plt Ketua KPK soal 9 Wanita Pilihan Jokowi

Ini Pendapat Plt Ketua KPK soal 9 Wanita Pilihan Jokowi
Taufiequrachman Ruki. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Plt Ketua KPK Taufiequrachman Ruki tidak mempermasalahkan keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mempercayakan panitia seleksi (pansel) pimpinan KPK kepada sembilan orang perempuan. Menurutnya, gender tidak menentukan kualitas seoranga anggota pansel.

"Silakan saja. Tidak ada pembatasan gender baik sebagai pimpinan KPK dan sebagai pansel pimpinan KPK," kata Ruki saat dihubungi, Kamis (21/5).

Ruki mengatakan, keputusan Jokowi ini bisa jadi sangat tepat, mengingat tugas pansel tidak jauh berbeda dengan seorang ibu. Karenanya, jika anggota pansel ini memang berkualitas, maka pimpinan yang dipilihnya nanti tidak perlu diragukan lagi.

"Prinsip saya anak yang sehat, kuat, cerdas dan bermoral hanya bisa dilahirkan dan dibesarkan dari ibu dengan kualitas yang sama," ujarnya.

Terkait seleksi pimpinan KPK, Ruki yang sebelumnya sudah pernah menjadi pimpinan definitif komisi antirasuah ini mengaku tidak berambisi untuk ikut serta. Dia menilai, sekarang saatnya KPK dipimpin oleh generasi baru.

"Saatnya yang lebih muda dari saya ambil alih kepemimpinan," tutupnya. (dil/jpnn)


JAKARTA - Plt Ketua KPK Taufiequrachman Ruki tidak mempermasalahkan keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mempercayakan panitia seleksi (pansel)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News