Ini Penjelasan Sinar Matahari Menjadi Penyebab Kanker Kulit

Ini Penjelasan Sinar Matahari Menjadi Penyebab Kanker Kulit
Ini Penjelasan Sinar Matahari Menjadi Penyebab Kanker Kulit

jpnn.com - Siapa yang tidak senang keluar rumah ketika hari sedang cerah? Setiap orang akan lebih bersemangat melakukan aktivitas ketika matahari bersinar. Namun tahu kah Anda bahwa ternyata penyebab utama terjadinya kanker kulit adalah sinar matahari.

Sinar matahari pada jam-jam tertentu memiliki risiko tertinggi penyebab kanker kulit. Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang sangat baik untuk tulang dan sistem kekebalan tubuh. Namun bagaimana jika ternyata hal tersebut ada pada jam- jam tertentu saja. Jika anda salah memilih jam, maka risiko yang harus diterima adalah kanker kulit.

Menurut IANS, dalam sebuah penelitian terbaru tentang penyebab genetik dari karsinoma sel skuamosa kulit, para peneliti menemukan bahwa imbas mutasi UV KNSTRN menyebabkan 20 persen keratosis actinic, suatu kondisi kulit premalignant yang sering berkembang menjadi karsinoma sel skuamosa.

Mutasi terjadi pada gen KNSTRN, yang terlibat dalam membantu sel-sel membelah DNA mereka selama pembelahan sel. Gen yang bermutasi yang menyebabkan kanker disebut onkogen.

"Ketika terkena sinar matahari onkogen yang sebelumnya tidak diketahui ini diaktifkan oleh sinar matahari dan mendorong pengembangan kulit karsinoma sel skuamosa," kata peneliti senior Paul Khavari, seperti dilansir laman Health Me Up, Rabu (12/11).

"Penelitian kami menunjukkan bahwa kanker kulit timbul berbeda dari kanker lain dan bahwa mutasi tunggal dapat menyebabkan bencana genom," kata Khavari lebih lanjut.

Setelah menghubungkan koneksi antara paparan sinar matahari dan kanker kulit, penelitian menyimpulkan bahwa mutasi genetik yang disebabkan oleh sinar ultraviolet cenderung menjadi alasan di balik jutaan kasus kanker kulit manusia.

Oleh karena itu, Anda harus selalu melindungi diri dari matahari. Anda harus selalu ingat untuk menggunakan sunblock atau tabir surya pada bagian tubuh yang terbuka. Pemilihan make up yang mengandung SPF juga sangat dianjurkan. Pilihlah kandungan SPF yang tinggi seperti SPF 20 atau 30. Dan juga jangan lupa untuk selalu menggunakan kacamata hitam.(fny/jpnn)


Siapa yang tidak senang keluar rumah ketika hari sedang cerah? Setiap orang akan lebih bersemangat melakukan aktivitas ketika matahari bersinar.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News