Ini Penting Mas Bro, Kanker Pada Payudara Pria Justru Bisa Lebih Ganas!

Ini Penting Mas Bro, Kanker Pada Payudara Pria Justru Bisa Lebih Ganas!
Foto/ilustrasi: Daily Beast

jpnn.com - SELAMA ini publik lebih lazim dengan kanker payudara pada wanita. Padahal, para ahli memperingatkan bahwa kanker payudara pada pria bisa menjadi lebih agresif

Ya, pria bisa juga terkena kanker payudara. Hanya saja, kasusnya memang sangat tidak umum karena sejauh hanya 1 persen saja laki-laki yang sudah diketahui terkena kanker payudara.

Namun, para ahli memperingatkan bahwa pria yang terkena kanker payudara semakin hari semakin meningkat. Bahkan bisa mengarah ke salah satu bentuk kanker yang paling agresif.

"Kasus kanker payudara pada pria telah mulai muncul dan meskipun mereka sedikit, bentuk kanker akan menjadi lebih agresif karena juga akan dikaitkan dengan kanker dada ketika berhubungan dengan laki-laki," kata Dr. Harish Matta, seorang ahli bedah onkologi seperti dilansir laman India Times, Minggu (21/2).

Untungnya, kanker payudara pada pria lebih mudah untuk dideteksi dibandingkan pada wanita.  Sebab, secara fisik memang lebih mudah terlihat.

”Sangat mudah untuk mendeteksi kanker payudara pada laki-laki karena benjolan kanker lebih mudah terlihat dan payudara pria memiliki jaringan yang lebih kecil dibandingkan dengan perempuan," tambah Dr. Mehta.

Ia menambahkan, ada juga kanker selain kanker payudara yang patut diwaspadai pada lelaki. Hal itu terkait dengan kebiasaan merokok dan minum minuman keras.

“Kanker mulut juga menonjol pada laki-laki. Konsumsi alkohol dengan produk tembakau meningkatkan risiko kanker sepuluh kali," katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News