Ini Penyebab Sakit Perut Usai Sarapan Pagi

Ini Penyebab Sakit Perut Usai Sarapan Pagi
Sakit perut karena asam lambung naik. ILUSTRASI. Foto: Laman India Times

jpnn.com - Sesibuk apa pun hari Anda, waktu sarapan sebaiknya tidak dilewatkan. Pasalnya, sarapan adalah waktu makan terpenting dalam satu hari. Manfaat sarapan pagi secara rutin bahkan dapat membantu menjaga berat badan lebih stabil dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Namun sayang, tak sedikit orang memilih untuk melewatkan rutinitas ini karena kerap mengeluhkan sakit perut setelah sarapan pagi. Dalam beberapa kasus, nyeri memang sering terjadi di sekitar perut setelah menyantap sarapan. Mengapa nyeri perut ini bisa terjadi?

Penyebab Sakit Perut Usai Sarapan Pagi

Hal yang perlu diperhatikan, sakit perut setelah makan biasanya disebabkan oleh pemilihan asupan yang salah. Berikut beberapa masalah yang menjadi penyebab sakit perut setelah sarapan pagi.

1. Intoleransi Makanan Tertentu

Intoleransi makanan adalah penyebab umum sakit perut. Kondisi ini terjadi karena ada masalah pada sistem pencernaan.Misalnya, tidak mampu mencerna gula atau protein tertentu yang terdapat dalam berbagai jenis makanan.

Contohnya, intoleransi laktosa terjadi karena usus gagal menghasilkan laktase, enzim yang membantu tubuh mencerna laktosa. Hasilnya, Anda mungkin mengalami nyeri bahkan kram perut selama beberapa menit jika nekat mengonsumsi susu.

Selain susu, ada berbagai jenis intoleransi makanan lain seperti intoleransi fruktosa dan intoleransi terhadap penyedap atau bahan tambahan pada makanan

Tak sedikit orang memilih untuk melewatkan rutinitas ini karena kerap mengeluhkan sakit perut setelah sarapan pagi.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News