Ini Perincian Awak Kapal yang Berada di KRI Nanggala Sebelum Menghilang

Ini Perincian Awak Kapal yang Berada di KRI Nanggala Sebelum Menghilang
Kementerian Pertahanan (Kemenhan) membeberkan jumlah awak kapal KRI Nanggala 402. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mencatat 53 awak berada di KRI Nanggala-402 yang dinyatakan hilang, Rabu (21/4). Dari 53 awak, 49 di antaranya berstatus anak buah kapal (ABK), seorang komandan, dan tiga arsenal.

Diketahui, kapal buatan Jerman tersebut hilang di perairan sejauh 60 mil dari Bali bagian utara.

KRI Nanggala-402 berada di perairan Bali untuk mengikuti latihan penembakan rudal. Latihan ini rencananya berlangsung Kamis (22/4).

"Dalam latihan tersebut KRI Nanggala membawa 53 awak (49 ABK, 1 komandan kapal, dan 3 orang Arsenal)," tulis keterangan resmi Kemenhan, Rabu ini.

Saat ini, pencarian KRI Nanggala-402 masih terus dilakukan. Mengacu keterangan tertulis Kemenhan, KRI Rigel dari Dishidros Jakarta dan KRI Rengat dari Satuan Ranjau terjun mencari kapal yang hilang.

"TNI AL juga telah mengirimkan distres ISMERLO ( International Submarine Escape and Rescue Liaison officer)," beber keterangan persnya Kemenhan.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tidak menampik kabar menghilangnya KRI Nanggala-402. Saat ini, pihak TNI telah mengerahkan beberapa kapal mencari kapal buatan 1977 itu.

"Masih dalam pencarian di perairan Bali, 60 mil dari Bali," kata Hadi dalam pesan singkatnya kepada awak media, Rabu ini.

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mencatat 53 awak berada di KRI Nanggala-402 yang dinyatakan hilang, Rabu (21/4). Dari 53 awak, 49 di antaranya berstatus anak buah kapal (ABK), seorang komandan, dan tiga arsenal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News