Ini Pernyataan Wapres JK soal Pengungsi Rohingya

Ini Pernyataan Wapres JK soal Pengungsi Rohingya
Pengungsi imigran Bangladesh dan Myanmar yang terdampar di perairan Seunuddon, Aceh Utara, ditempatkan di GOR Lhoksukon, Senin (11/5). Foto: Rakyat Aceh/Armiadi

jpnn.com - DALAM wawancara dengan BBC, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa para pengungsi Rohingya yang terkatung-katung di lautan dalam pelarian mereka akhirnya mendarat di Aceh, sebenarnya tidak ingin mendarat di Indonesia.

Sementara pewawancara yang tidak tampak di layar bertanya tentang sikap resmi pemerintah Indonesia dalam menghadapi pengungsi Rohingya.

"Because in Indonesia not easy to have a work. Usualy they are going to Australia or going to Malaysia for instance. Easy to have a job there. But in Indonesia not easy," ujar JK dalam bahasa Inggris.

"Their target not Indonesia’s water," sambungnya.

Pewawancara dari BBC lantas bertanya kepada JK: Bagaimana bila sebuah pesawat Boeing 747 menyatakan situasi darurat (may day) dan minta izin mendarat di wilayah Indonesia, apakah Indonesia akan memberikan kesempatan kepada pesawat itu untuk mendarat?

"Mereka bisa mendarat. Sama seperti kapal ini," ujarnya.

Sang pewawancara pun bertanya lagi, dan meminta ketegasan, apakah sikap Indonesia menghadapi pengungsi Rohingya yang mendarat di Indonesia adalah: Langsung mengirim mereka ke tempat asal mereka atau memberikan kesempatan kepada mereka untuk mendapatkan perawatan, dan akhirnya meminta mereka kembali ke tempat asal mereka.

Menjawab pertanyaan ini, JK kembali menegaskan bila ada persoalan emergency tentu Indonesia akan membantu. Tetapi, sekali lagi, kata JK, target para pengungsi adalah negara lain. (dem/RMOL)


DALAM wawancara dengan BBC, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa para pengungsi Rohingya yang terkatung-katung di lautan dalam pelarian mereka


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News