Ini Rencana Lokasi Pengolahan Sampah Terpadu di DKI

Ini Rencana Lokasi Pengolahan Sampah Terpadu di DKI
Basuki Thajaja Purnama/ dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan, DKI harus memiliki fasilitas pengolahan sampah terpadu atau intermediate treatment facilities (ITF). Pihaknya sudah lama melakukan lelang terkait pengadaan ITF.

"Lelang ITF gagal terus. Dinas Kebersihan yang selalu masalah," ‎kata Ahok, sapaan Basuki, di Balai Kota, Jakarta, Rabu (4/11). 

Kali ini, Ahok tidak mau gagal lagi. Ia pun menunjuk PT Jakarta Propertindo untuk mengerjakan pembangunan ITF. Rencananya, ITF akan mulai dibuat pada tahun depan.

ITF di Jakarta akan dibangun di empat lokasi berbeda. Yakni, Sunter, Cakung-Cilincing, Marunda, dan Duri Kosambi. Lahan ITF Cakung-Cilincing sudah pernah dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah dengan nama Pusat Daur Ulang Kompos. Selanjutnya akan ditingkatkan dengan menggunakan program ITF. 

Sementara, ITF Marunda diperkirakan akan mampu mengolah sampah hingga 1.500 ton per hari. Rencananya, ITF Marunda akan dibangun di atas lahan seluas 12 hektare dan dijadikan sebagai bagian yang terintegrasi dari Kawasan Ekonomi Khusus Marunda. ‎(gil/jpnn)


JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan, DKI harus memiliki fasilitas pengolahan sampah terpadu atau intermediate treatment


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News