Ini Rencana PT LIB Melanjutkan Liga 1 di Tengah Pandemi Corona

Ini Rencana PT LIB Melanjutkan Liga 1 di Tengah Pandemi Corona
Dirut PT LIB Cucu Somantri (tengah) bersama Komisaris PT LIB Sonhadji (kiri) dan Direktur Kompetisi PT LIB Sudjarno. Foto: Amjad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno menjelaskan bawa pihaknya telah melakukan paparan ke PSSI terkait rencana meggelar kembali kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020. Poin tentang regulasi, jadwal, sampai protokol kesehatan, menjadi konsentrasi pembicaraan.

Paparan dari PT LIB itu dilakukan pada Selasa (9/6) kepada Ketua Umum PSSI M Iriawan serta beberapa Exco seperti Iwan Budianto, Endri Erawan, Juni Rahman, Yoyok Sukawi, Ahmad Riyadh, Vivin Sungkono. Selain itu, ada juga Plt Sekjen Yunus Nusi, Wasekjen Maaike Ira Puspita, Staf Khusus Leo Siegers, dan Direktur Teknik Indra Sjafri.

"Berbagai langkah untuk persiapan menuju lanjutan kompetisi Liga 1 dan 2 telah kami buat dan paparkan kepada Ketua Umum PSSI. Seperti akan adanya penyesuaian perubahan regulasi, serta beberapa home base klub jika sentralisasi di pulau Jawa, serta akan menggelar manager meeting dan workshop untuk klub jelang dimulainya kompetisi," katanya, saat dihubungi Rabu (10/6).

Purnawirawan kepolisian itu juga menjelaskan, bahwa akan ada time line kompetisi yang dipersiapkan khususnya dengan format yang berbeda dibanding sebelumnya. Sebab, degradasi bisa ditiadakan dan kompetisi bisa dijalankan dengan format terpusat di beberapa kota, bukan lagi home and away lintas kota seperti diterapkan sebelum pandemi Covid-19 merajalela.

"Kami juga memaparkan timeline kompetisi seperti kapan dimulainya dan kapan pekan terakhirnya dengan ada jeda pertandingan Timnas Indonesia di event internasional. Tak hanya Liga 1, kami juga buatkan skema untuk kompetisi Liga 2 dari babak penyisihan hingga final," tuturnya.

Tak hanya itu, untuk protokol kesehatan dari PSSI yang sudah disebarkan ke klub draftnya, bakal menjadi pegangan menggelar pertandingan demi keamanan dan keselamatan seluruh pelaku sepak bola.

"Tentu, di masa new normal ini, dengan masih adanya ancama Covid-19, kami akan melaksanakan kompetisi dengan protokol kesehatan yang sangat ketat," ucapnya.

Sejauh ini, kompetisi memang belum diputuskan oleh PSSI bakal jalan. Tetapi, wacana untuk menggulirkan kompetisi Liga 1 pada September dan Liga 2 pada Oktober sudah begitu kuat. Hanya, untuk kepastiannya, masih menantikan rapat lengkap Exco PSSI terkait kompetisi yang belum diumumkan waktunya sampai hari ini. (dkk/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno menjelaskan bawa pihaknya telah melakukan paparan ke PSSI terkait rencana meggelar kembali kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News