Ini Rincian Kerusakan SUGBK, Pak Basuki Sedih, Menangis

Ini Rincian Kerusakan SUGBK, Pak Basuki Sedih, Menangis
Kaca pembatas tribun di SUGBK jebol akibat ulah supporter di laga Final Piala Presiden 2018. Foto: Chandra Satwika/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Perbaikan fasilitas Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang sempat dirusak supporter pada pertandingan final Piala Presiden Sabtu (17/2) akan segera dilakukan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang memastikan soal perbaikan itu.

”Sebagai ketua prasarana dan sarana INASGOC, saya tidak bisa lepas tangan. Ini juga kan masih dalam masa pemeliharaan. Jadi pasti kita perbaiki siapapun yang bertanggung jawab (atas kerusakan tersebut),” tutur Basuki saat melakukan peninjauan langsung ke SUGBK, Senin (19/2).

Basuki mengatakan, setelah melakukan pengecekan langsung, kerusakan yang terjadi tidak terlalu besar dan bisa diselesaikan perbaikannya dalam waktu dekat.

Dia memerinci, ada tujuh segmen akrilik yang roboh, pagar yang ambruk, dan 80 persen taman seluas 4,8 hektare yang rusak.

”Menurut pelaksana, biaya perbaikannya enggak lebih dari Rp 150-an juta. Enggak sampai seminggu bisa selesai semua. Akrilik butuh perkuatan fondasi. Untuk pintu begitu cepat dipasang bisa langsung berfungsi. Tanaman butuh waktu. Maret-Juni masih oke,” terang Basuki.

Mendengar dan melihat melalui media sosial tentang perusakan SUGBK oleh supporter diakui Basuki begitu menyayat hati. Dia menangis begitu menyaksikannya lewat media sosial.

Menurutnya, perjuangan Indonesia untuk merenovasi venue dan kompleks GBK tidaklah mudah. Di masa-masa awal menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games XVIII, Indonesia sempat dipandang sebelah mata oleh Olympic Council of Asia (OCA).

Begitu mendengar dan melihat melalui media sosial asksi perusakan SUGBK oleh supporter, Menteri PUPR Basuki menangis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News